Kenapa TEKNIK LINGKUNGAN UNDIP? Kuliahnya dan Prospeknya Gimana?

Assalammualaikum wr.wb
Hay guys, semoga kalian selalu baik baik aja ya dimanapun berada. Seperti janji gue sebelumnya, gue mau ngasih tau kalian kenapa sih gue ambil jurusan Teknik Lingkungan UNDIP. Dan kuliah di Teknik Lingkungan gimana rasanya, serta Prospeknya gimana.

Oke langsung aja ya...

Gue mulai dari Kenapa gue ambil Teknik Lingkungan UNDIP?
Alasan gue adalah :
1. Gue cowok jadi gue butuh jurusan yang prospek kerja bagus, biar mapan gitu. Nah gue cari info ternyata kakak sepupu gue suaminya Teknik Lingkungan dan dia udah sangat mapan. Gue tanya-tanya ke dia alhasil gue tertarik, terlebih di Teknik Lingkungan meskipun kuliahnya banyak hitungan tapi ada sisi manajemen nya yang mana gue suka banget ilmu manajemen. Berhubung gue bukan anak IPS jadi saat SNMPTN gue gak bisa daftar Manajemen takut gak lolos hehe. Jadi Teknik Lingkungan itu punya prospek yang bagus lah.

2. Teknik lingkungan itu belum banyak di Indonesia sehingga saingan lo dalam cari kerja juga ga sebanyak jurusan lain.

3. Teknik Lingkungan itu tugas mulia banget, gimana gak mulia, air yang kotor kita olah biar bersih, sampah yang numpuk kita kelola biar gak bau dan bisa cepat terurai, kita bangun waduk yang manfaatnya banyak dan yang jelas anak Teknik Lingkungan itu agen perubahan agar lingkungan yang kita tinggali ini jadi lebih baik

4. Lalu kenapa Teknik Lingkungan UNDIP? Setau gue Teknik Lingkungan yang bagus itu ada di ITB dan ITS. Cuma UNDIP jg gak kalah bagus, secara akreditasnya juga udah A. gue nyadar diri kalo daftar ITB dan ITS kayaknya sulit lolos, lagian sodara gue juga di Semarang deket UNDIP jadi gue pilih Teknik Lingkungan UNDIP, dari akreditasi UNDIP yang udah A dan jurusannya Teknik Lingkungan juga udah A udah sangat mumpuni buat daftar kerja hehe sudah terpandang alhamdulillah

Mungkin itu beberapa alasan gue milih jurusan Teknik Lingkungan.

Lalu kuliah di TL gimana nih?
Oke gue kasih pengalaman gue slama kuliah di TL hingga semester 4 ini.
Awalnya baru masuk gue sangat excited soalnya gue jadi anak Teknik, siapa sih yang ga bangga jadi Engineer. Semester 1 ternyata blajarnya gak jauh beda kaya SMA. Kalo digue Semester 1 Mata Kuliahnya ada :
1. Matematika Rekayasa I => semacam Kalkulus gitu
2. Fisika Dasar => masih kaya SMA jadi belum begitu ribet
3. Kimia Dasar => sama kaya SMA juga hehe
4. Agama Islam
5. Bahasa Indonesia
6. Bahasa Inggris
7. Olahraga
8. PKN
9. Pengabdian Masyarakat
10. Pengantar Ilmu Rekayasa Lingkungan => masih pengantar ilmu ke Teknik Lingkunganan

Semester 1 gue lalui ya dengan fun fun aja, meskipun gue jatoh di Fisika nilai gue C karena honestly, gue ga suka ngitung" yang ribet apalagi pake logika. Tapi IP masih aman lah untuk selebihnya gue rasa masih sama kaya di SMA cuma bedanya praktikum Kimia dan Fisika lebih susah daripada di SMA hehe

Semester 2 adalah semester ter KAGET menurut gue. Karena disini gue udah aktif organisasi saat itu gue ikut Himpunan dan juga BEM. Dan ternyata pelajaran di semester 2 susah menurut gue, ada juga yang namanya TUGAS BESAR kalo di Teknik Lingkungan UNDIP tugas besar itu tugas dari matakuliah yang susah dan penting. Dan tugas besar atau biasa kita bilag TUBES itu harus diselesaikan hingga kita mendapat SP atau SURAT PUAS. Yang mana SP itu adalah tiket kita agar kita bisa ikut UAS. Kalau dipikir padahal nilai TUBES itu ga begitu berpengaruh, tapi ya kita tetep harus ngerjain sampe kita dapet SP biar kita bisa ikut UAS.
TUBES itu biasanya ada asisten dosen yang mana akan bimbing kita sampe TUBES kelar yang pada akhirnya nanti TUBES kita diperiksa Dosen Pengampu dan nanti kita di kasih SP sama dosen itu.

Di Semester 2 Matakuliah yang ada tugas besarnya itu MENGGAMBAR TEKNIK, MEKANIKA FLUIDA sama MEKANIKA REKAYASA. TUBES ini ngerjainnya tiap hari se nyicil nya kita nanti ada target tiap minggu dari asisten dosennya. Biasanya TUBES selesai dalam waktu 2-7 Bulan tergantung mata kuliahnya apa.Oke intinya TUBES ya begitu, lalu di semster 2 Matakuliahnya itu menurut gue susah karena gue ga suka ngitung dan disini ngitungnya lumayan banyak. mata kuliah menghitung ada Mekanika Rekayasa, Mekanika Fluida, Fisika Lingkungan, Kimia Lingkungan. Mikrobiologi Lingkungan juga ada hitungan sedikit, Manajemen Persampahan juga ada sedikit. Yang gak ada Hitungan ya Metodologi Riset dan Menggambar Teknik GAMTEK atau gamabr teknik itu kita gambar lengkap dengan skala dan ukuran yang jelas, gambar bangunan yang berhubungan dengan Teknik Lingkungan misal waduk atau reservoir.
Pokoknya di semester 2 ini adalah semester dengan IP terburuk slama gue kuliah. apalagi ada TUBES pertama kali bikin gue kaget aja, jadi jarang tidur.

Semester 3 menurut gue semester nyapekin juga sih, Tapi TUBES nya gak separah semester 2. Meskipun banyak gak ngertinya gak tau kenapa malah IP gue naik drastis disemester ini. Mata Kuliah di Semester 3 yaitu :
1. Pengelolaan Kualitas Lingkungan => ada TUBES nya
2. Perpetaan => Mata kuliah yang tugasnya paling nyapekin slama semester 3 melebihi TUBES
3. Laboratorium Lingkungan => Praktikumnya lama dan Laporannya banyak ini juga kaya TUBES
4. Hidrologi
5. Mekanika Tanah
6. Satuan Proses => Mata Kuliah wajib lulus, penting banget buat syarat Kerja Praktek
7. Satuan Operasi => Mata Kuliah yang susah menurut gue, hitungan semua, matkul wajib lulus
8. Pengetahuan Struktur => Kaya belajar struktur gitu misal beton, pondasi, baja dll kaya Teknik Sipil
9. Teknologi Informasi => Kaya belajar sistem komputer gitu
10. Thermodinamika

Slama semester 3 yang nyapekin itu Perpetaan, jadi waktu itu gue suruh bikin track sendiri atau peta jalan dengan GPS yang nantinya data nya bakal kita olah di Global Mapper semacem software untuk buat peta. Dan nantinya kita juga pake ArcGIS buat olah data final hingga berbentuk PETA. Pokoknya gue saranin LAPTOP lu harus kuat buat berbagai macam software. Software di semester 3 yang dipake yaitu ArcGIS, Global Mapper, Autocad. Kalau Autocad software buat gambar teknik gitu, buat design bangunan baik 2 Dimensi maupun 3 Dimensi.
Laboratorium Lingkungan juga nyapekin sih, dulu praktikumnya kayaknya dari jam 2 / 3 luppa gue, dan selesai bisa jam 8 malem. Jadi yang kita uji praktikum itu kaya Koagulasi Flokulasi, itu buat misahin partikel yang ada diair biar air keruh bisa jadi jernih. dan uji macem macem gue lupa hehe pokoknya kimia yang berhubungan sama Teknik Lingkungan.
Kalau Pengelolaan Kualitas Lingkungan itu praktikumnya dulu sih gue ke pantai ambil sample air laut gitu terus diuji dicek suhu, temperature sama satu lagi lupa gue buat nentuin apakah air tersebut udah memenuhi baku mutu atau belum.
Satuan Operasi tiap minggu slalu ada tugas yang sulit banget dikerjain, jadi anak anak kerjainnya pada seadanya wkwkwk. Praktikumnya ada juga sih. dulu praktikum Air gitu agak susah dijelasin. Gabut praktikumnya wkwkw tapi laporannya susah bener -_-
Mungkin matakuliah itu yang ngeribetin di semester 3, selebihnya ya belajar normal kaya biasanya.

Oke masuk Semester 4 ini rata-rata udah mata kuliah yang berhubungan sama Teknik Lingkungan banget. gue jelasin satu persatu ya :
1. PLUMBING , ini matakuliah favorit karena yang ngulang banyak wkwkwkwk. Matakuliah susah dengan TUBES yang cukup nyapekin. Plumbing atau Perpipaan ini ternyata Teknik Lingkungan banget. Kita dituntut paham bagaimana ngerancang perpipaan dalam gedung, pipa untuk ngalirin air bersih yang biasa kita pake buat mandi, cebok, air shower. Dan juga saluran Pipa air buangan kaya air dari westafel atau lavatory, air dari Floordrain, dll. Intinya air bekas yang udah digunain baik bekas mandi dan cuci kan suka ngalir ke pipa, nah pipanya itu aliranya kemana kita harus paham dan bisa ngerancang. Kita juga harus tau kecepatan air berapa, kemiringan pipa berapa, diameter pipa yang kita rancang berapa semuanya harus detail. Gak cuma pipa air bersih dan air buangan. Tapi kita juga harus bisa ngerancang pipa air panas, pipa vent (yaitu pipa untuk ngeluarin udara biar ga bau). Kita juga harus bisa desain Septic Tanknya, Tower Airnya (itu lho yang tandon atau bak penampung warna oren biasa diatas rumah) kita harus paham itu diameternya berapa semuanya disesuaikan dengan jumlah orang dirumah itu. Kita juga harus bisa desain Toilet dan kamar mandi secara ideal. Bukan cuma buat rumah tapi buat gedung sekolah, perkantoran dll.

2. SPAM atau SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM. Nah ini juga matakuliah favorit wkwkwk yang ngulang juga banyak. Susah dan hitungannya naudzubillah, apalagi buat gue yg ga suka ngitung wwkwkwk. Jadi inti dari mata kuliah ini sih kita bisa ngalirin air bersih dari sumber air ke rumah rumah warga. Misal air dari sungai atau mata air kita alirin ke warga dngan menggunakan pipa pipa. Tapi gak semudah itu, pipa pipanya kan didalem tanah, sedangkan kondisi atau kontur tanah beda beda ketinggian tanah juga beda nah itu bisa jadi masalah tersendiri, Belum lagi kalo pipanya bocor wah kita harus cari tau titik kebocorannya dan brapa kebocorannya. INGET kita gak desain buat 1 rumah tapi buat 1 KABUPATEN / KOTA kebayang ga sih rumah 1 kabupaten ada brapa ribu aja wkwkwk makanya kita harus bisangalirin air dengan hitungan yang benar biar airnya ngalir. Kalau harus pake pompa ya dipompa, pompanya juga dihitung tekannya berapa dll. Software yang di pake di matakuliah ini ada ArcGIS untuk buat PETA WILAYAH PERENCANAAN, Watercad dan EPANET untuk SIMULASI Pengaliran airnya kalau dari simulasi nya gak running berarti hitungan kita salah. Autocad itu buat gambar desain Bangunan Penyediaan Air Minumnya.
Dimata kuliah ini kompleks karena perhitungan kebutuhan air untuk rumah dengan sekolah dengan rumah sakit, masjid, gereja, pabrik, supermarket dan fasilitas lainnya beda jadi harus dihitung satu" biasanya pake bantuan excel.

3. Manajemen Proyek, mata kuliah ini ya kaya kita diajariin buat manajemen sebuah proyek yang lagi berlangsung. misal ada proyek pembangunan jalan tol, kita harus bisa desain jadwalnya misalnya Tahap pembukaan lahan berapa lama waktunya, tahap pengecoran, tahap finishing dll semuanya kita harus bisa buat jadwalnya secara detail dan ini ada hitungannya gk asal buat. Udah gitu kita diajarin buat Rancangan Anggaran Biaya untuk pembangunan proyek itu. Misal harga satuan batu bata berapa, harga kayu berapa, paku berapa, upah mandor berapa, upah tukang kayu berapa dll kita diajarin sehingga kita bisa tuh bikin RAB untuk sebuah proyek,

4. Ekonomi Lingkungan, mata kuliah ini kita dituntut utuk ngerti ekonomi yang berkaitan dengan linkungan apa aja. Hafalan sih.

5. Permodelan, mata kuliah ini kita diajarin caranya memodelkan atau memogram Suatu data teknik lingkungan. Ini FULL Pake LAPTOP. Kaya belajar INM, itu software buat rekayasa Kebisingan di Bandara, Belajar Autocad juga ArcGIS, Global Maper, Watercad, Epanet dan adalagi 1 lagi yaitu Phreeqc yaitu software buat nentuin baku mutu limbah dari sebuah industri pertambangan.

6, Manajemen Sarana dan Prasarana Perkotaan, nah ini mata kuliah rada nyantai kita cuma disuruh manaj sarana dan prasaraana yang ada diperkotaan apakah udah sesuai, misal jalannya gimana, saluran drainasenya gimana dll

7. Teknologi Bersih dan Minimisasi Limbah, dimata kuliah ini kita diajarin gimana caranya produksi suatu produk secara clean production atau secara bersih mksdnya gak nyisahin sampah atau mengurangi limbahnya. Jadi sebisa mungkin limbah dari suatu produk kita olah lagi biar jadi barang yang lebih berguna

8. Ekotoksikologi dan Kesehatan Lingkungan, disini kita belajar penyakit-penyakit akibat lingkungan dan diajarin pencegahannya

9. Pengendalian Pencemaran Udara, nah udah jelas dari namanya, kita diajarin gimana cara ngendaliin udara yang keluar dari cerobong asep pabrik biar udara gak mencemari lingkungan

10..Pengelolaan Sumber Daya Air, di mata kuliah ini kita dituntut untuk bisa mengelola air yang ada dibumi, baik itu di waduk atau sungai atau laut atau mata air untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin baik untuk PLTA, untuk irigasi pertanian, untuk air bersih masyarakat, dan kita juga diajarin caranya mencegah banjir dengan merekayasa air.


Nah itu semua mata kuliah yang gue dapet selama 4 semester ini. Nanti di next semester gue bakal diajarin caranya bikin drainase atau GOT, buat Tempat Pembuangan Akhir, diajarin ngelola daerah pesisir, diajarin Desain bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah, diajarin Kesehatan Keselamatan Kerja atau K3, diajarin ngelola Limbah cair dan Padat pokoknya banyak deh.

Selama ini gue ngerasa salah masuk jurusan, karena pada dasarnya gue orang yang suka menghafal bukan menghitung. Cuma lambat laun gue udah berhasil mencintai jurusan gue sendiri dengan semua mata kuliah yang ada. Meski masih sering ngeluh cuma gue tetap bersyukur bisa masuk dijurusan yang luar biasa kaya Teknik Lingkungan ini.


Prospek Kerja?
Wah biasanya ini yang ditanyain, kalo lo ga percaya bisa cek deh LOWONGAN KERJA BUMN di INDONESIA. Nyaris semua perusahaan butuh Teknik Lingkunga, dari mulai Perusahaan Kontraktor kaya WASKITA, DINAS PU, PT.PP, pokoknya perusahaan yang bangun gedung tinggi, bangun jalan, bangun perumahan, bangun bandara, bangun waduk, dll yang bangun-bangun itu butuh yang namanya TEKNIK LINGKUNGAN. Cek aja buruan sekarang di Lowongan Kerja BUMN.
Yang namanya PABRIK baik gede maupun kecil pasti butuh HSE atau K3 dan juga butuh orng yang ngolah limbahnya karena ga boleh dong limbah pabrik dibuang gitu aja di sungai tanpa diolah. Nah semua itu TEKNIK LINGKUNGAN jagonya. Bayangin di bandara, atau distasiun kaya PT. KERETA API INDONESIA mereka slalu buka lowongan kerja untuk TEKNIK LINGKUNGAN lho, untuk bantuin ngatasin kebisingan akibat suara kereta atau suara pesawat yang mengganggu.
Kalau dinas kebersihan dan Tempat Pembuangan Akhir ya jangan tanya, pasti Teknik Lingkungan dibutuhin buat ngolah sampahnya. Jangankan perusahaan kaya gitu ya, PLN aja tau kan PLN? BUMN yang nyediain LISTRIK itu slalu buka lowongan Teknik Lingkungan lho. Cek aja web PLN pas lowongan kerja. Belum lagi di PDAM dan perusahaan air minum, yang ngolah air untuk jadi air bersih dan air minum yang biasa kita pake buat mandi, masak, nyuci, dll itu butuh TEKNIK LINGKUNGAN. Dirumah sakit juga butuh untuk ngolah limbah dan bagian K3.

Intinya, selama Lingkungan belum bersih, selama sampah masih ada, selama pabrik masih ngeluarin limbah dan ngehasilin asep pabrik akibat produksi. Maka SARJANA TEKNIK LINGKUNGAN masih diperlukan.

So, buat kalian jangan pernah ragu masuk Teknik Lingkungan. Jurusan ini memang masih asing namun manfaatnya dan prospeknya sangan tinggi.

Mungkin itu aja ulasan dari gue semoga bisa membantu kalian yang sedang bingung nyari jurusan atau bingung Teknik Lingkungan itu apa. sekian dari gue...

Wassalammualaikum.wr.wb

Komentar

  1. Ass. Artikelnya ngebantu banget kak. Aku juga inshaa allah tahun ini pengen masuk TL UNDIP huhuhu. Tapi matkul hitung-hitungannya bikin aku bingung. padahal mah teknik memang selalu ada hitung hitungannya.

    BalasHapus
  2. rencana kesini kak,Bismillah kak doain bisa masuk

    BalasHapus
  3. Menakjubkan kak
    Salam dari adik kakak
    Stambuk 2018
    Hidup TekLing UNDIP

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak atas informasi yang telah di berikan kan, sangat membantu sekali. Semoga tahun depan bisa lolos di TL UNDIP , AMIN.

    BalasHapus
  5. Artikelnya bagus buat ngeyakinin sy untuk ambil teknik lingkungan, bulatkan tekad luruskan niat maksimalkan ikhtiar, Enviromental engineering!!!

    BalasHapus
  6. Makasi banget kak...
    Jadi tambah ngeyakinin untuk masuk ke teknik lingkungan

    Bismillahh...

    BalasHapus
  7. Makasih kak,semoga tahun ini saya dapat masuk tl undip/itb 🙏🙏

    BalasHapus
  8. Kalo buat cewek terasa berat banget gak ya kuliah di TL

    BalasHapus
  9. halo kak, mau nanya nih. peminatan tekling di undip apa aja ya?

    BalasHapus
  10. Kak bisa minta nomor wa nya kakak? Mau tanya-tanya banyak

    BalasHapus
  11. Itu softwarenya diajarin kah,kak?

    BalasHapus
  12. Makasih banyak kak buat informasinya...
    Smoga informasinya bermanfaat bagi siapapun ya...
    Smoga sukses ya kak...

    BalasHapus
  13. mantep dah, insyaAllah ambil TL tahun depan

    BalasHapus
  14. terimakasih kak, informasinya sangat bermanfaat. Aku jadi yakin di TL undip

    BalasHapus
  15. ka, ngga jago hitungan gimana ni ka.. takut

    BalasHapus
  16. ka, takut di hitungannya ka gimana ka.. mohon dibalas

    BalasHapus
  17. Kak, boleh tanya laptop yang mumpuni apa ya kira-kira?

    BalasHapus
  18. Gmna dngn yg ga bsa mnghyung tp dah terlnjur di TL ?

    BalasHapus
  19. makaasih kak, alhamdulilah saya makin yakin msuk tl kak. mudahan saya lulus snmptn 2021 aminnnnn

    BalasHapus
  20. baru dapt gamtek, dan udh ngeluh dong gue,susah:(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fresh Graduate Susah Cari Kerja?

Perjalanan Lolos Bidikmisi dan SNMPTN UNDIP !