Fresh Graduate Susah Cari Kerja?

Assalammualaikum temen-temen,
Gimana nih kabarnya? wah gak kerasa sudah 2 tahun lebih  gue gak nulis, semoga saat kalian baca tulisan gue ini kalian sudah sukses dijalan yang kalian tempuh ya aamiin.

Disini gue mau ngelanjutin tulisan gue sebelumnya nih, kalau kalian pernah baca tulisan gue yang lain itu tentang gimana cara masuk Teknik Lingkungan dan bagaimana kuliah di Teknik Lingkungan. Kali ini gue pengen sharing mengenai lulus dari Teknik Lingkungan dan pengalaman gue dalam pencarian kerja sebagai Bachelor of Environmental Engineering wessss sok keren banget dah gue wkwkwk, Oke langsung aja yak !

Baiklah buat kalian yang belum tahu, gue ini alumni Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro, masuk Agustus 2015 dan Lulus Januari 2019. Yaps alhamdulillah gue bisa nempuh pendidikan kurang lebih 3 tahun 5 bulan, dan barokahnya lagi dapat embel-embel cumlaude. "Wah sombong lo jar"(pikiran kalian) eiiiittsssssss nanti dulu ga ada yang bisa disombongin itu, karena sampai sekarang ga ada artinya juga lulus cepet dan cumlaude di dunia kerja. Kenapa gue bisa bilang begini? Yaps gue udah ngerasain sendiri. Semua ini bermula saat gue selesai sidang pada 29 Januari 2019 dan gue dinyatain LULUS *gak usah ditanya senangnya kaya apa ya. Setelah itu gue pun langsung apply kerja, gak pake mikir apapun yang ada embel-embel Teknik Lingkungan gue apply. Hasilnya? gue ada beberapa interview kerja di awal Februari dan gue mencoba ikuti semua alur recruitment itu semua. Dari yang mulai test psikotest, interview pake bahasa indo, bahasa inggris bahasa astral sekalipun ya gue jalanin hahaha ga deng receh banget gue. Gue memang belum wisuda, ijazah jelas gak megang, hanya modal nekat dan transkip final dari jurusan gue sebar CV gue ke berbagai company. Penolakan demi penolakan terus terjadi, karena RATA-RATA PERUSAHAAN MINTA YANG PENGALAMAN DAN JUGA SUDAH SERTIFIKASI K3. FYI buat kalian yang di Teknik Lingkungan 70% kerja nya itu dibidang HSE terkadang perusahaan men generalkan Enviro dan Safety di HSE oleh karena itu kalau mau masuk HSE ya mau gak mau harus udah sertifikasi K3 padahal gue orang enviro. Ya mau gimana lagi bro, sist, saat itu gue ga ada duit buat sertifikasi jadi gue cuma andalin doa dan usaha gue aja. Hingga akhirnya gue pernah ikut seleksi MT (Management Trainee) salah satu perusahaan pipa cukup besar di Indonesia dan gue ke Jogja beberapa hari buat test itu, tahap psikotest dan tetst tulis lain gue lolos alhamdulillah, tahap FGD (Forum Group Discussion) gue lolos uh senangnya, terus interview HRD gue lolos *ya Allah apakah ini pertanda gue akan kerja senang skali, esokya test User dengan kemampuan bacot gue yaudah gue jalanin itu. Terlihat user nya kaya udah oke nih sama gue tapi ada pertanyaan yang bikin dia kaget setelah dengar jawaban dari gue yaitu "apakah mas bisa menyetir mobil dan punya SIM A?" ya gue saat itu emang ga bisa nyetir mobil jadi gue jawab jujur aja. Terlihat raut kecewa dari user yang wawancarain gue, namun beliau mengatakan "yasudah mas nanti kalau misal keterima berarti belajar nyetir dulu ya". Wah ada secercah harapan buat gue, jelas gue mengiyakan. Wawancara pun selesai, keesokan harinya gue terus berharap agar gue lolos di seleksi MT tersebut karena memang itu sudah tahap akhir jadi kalau gue dikabarkan otomatis gue cuma tinggal tandatangan kontrak aja. Cuma hari demi hari gue tunggu ga ada info, gue resah dan gelisah. Sumpah ngapa-ngapain jadi ga enak karena terlalu berharap, akhirnya gue coba kontakin HRD nya lagi tapi ga ada jawaban, gue coba cari di linked in orang-orang yang pernah kerja disitu dan tanya-tanya mengenai proses recruitment ini gimana, alhasil gue terus nunggu info sampe 2 minggu dan ga ada kabar sama skali. Bisa dipastikan gue ga lolos, sedih banget karena itu merupakan proses recruitment kerja gue yang prosesnya panjang lama dan gue dah sampe tahap terakhir. Ya mau ga mau gue terus cari opporunities lain gue interview banyak perusahaan kurang lebih 5-7 perusahaan. Salah satunya di Pertamina yang ada di Boyolali, gue lamar sebagai CDO (Community Development Officer) dan saat gue ke boyolali itu hujan lebat gue tembus dari semarang sampai boyolali naik motor, bermodalkan mantel hujan yang masih tembus sampe gue basah baju dan celana gue, mana gak tau jalan jadi gue cuma modal baca Maps dari HP aja. Sesampainya di Pertamina Boyolali gue ketemu sama pesaing-pesaing gue saat itu ada dari UGM, UNS, ITB dan juga IPB yang mana anak IPB ini punya pengalaman di posisi yang sama selama 2 tahun dipertamina juga, bahkan hingga proses recruitment kemarin dia pun masih jadi pegawai pertamina di Jawa Barat dengan posisi CDO juga, astagaaa makin takut dong gue. Ditambah lagi yang anak IPB ini punya kenalan sesama IPB dan kenalan itu salah satu yang interview gue disitu, yaudahlah ya pasrah lagi aja gue. Interview pun dilakukan, gue ngerasa nyaman dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan meski gue agak tegang hingga beberapa kali user yang interview gue selalu bilang "santai aja mas, jangan tegang gitu" wkwkwkwk. interview pun usai, setelah itu tahap LGD (Leadership Group Discussion), nah di LGD ini kita dikasih tau sebuah permasalahan dan harus saling kasih opini serta solusi dari masing-masing peserta, saat itu gue berusaha untuk jadi orang yang gak terlihat ambisius namun tetep berargumen yang bagus dan berbobot. Karena mayoritas peserta banyak omong tapi substansinya gak tercapai atau gak kena. Cuma balik lagi gue rada ngeri sih sama yg IPB ini gue udh tau pasti dia yang lolos cuma sebenernya kalau secara LGD ya dia sih biasa aja ga yang wow gitu, tapi gue akuin dia punya pengalaman. Oke selesai sudah prosesnya dan gue kembali pulang dengan kecewa dan diiringi hujan sepanjang perjalanan Boyolali - Semarang. Gue gak pernah menanti info atau kabar seleksi gue yang ini karena gue yakin banget gagal wkwkwk akhirnya gue memutuskan untuk istirahat sejenak dari proses recruitment. Cuma kok gue dapet undangan interview dari lamaran w yang udah cukup lama yaitu posisi Junior Environment Engineer tapi kontrak 5 bulan aja, gue ragu apalagi disuruh ke jakarta dan posisi gue masih urus berkas wisuda di semarang. Alhasil gue bilang lah kalau gue gak bisa soalnya lagi ngurus berkas wisuda di semarang, nah tapi orang HRD nya bilang interview online aja, yaudah kan kalau online mah gue mau aja. Singkat cerita, gue interview dalam posisi mendesak karena gue udah di vidcall pas gue masih di kampus yaudah gue kelabakan kan, akhirnya gue cari tempat gak nemu, gue minta lobby waktu tapi kata yang interview nya gak bisa karena mereka sudah siap. Yaudah dengan terpaksa gue interview di lorong depan kelas yang mana sebelah gue banyak anak himpunan lagi rapat. Ada kebodohan yang haqiqi saat gue interview yaitu batteray gue lowbat terus gue lupa bawa headset, mantap sudah. Gue interview teriak-teriak kan biar kedengeran, saat itu interview berlangsung sangat hangat dan LAMA. Yang interview gue ada 3 orang dan semuanya pejabat di Departemen Environment Pertamina di Balikpapan. Yap kali ini gue ikut proses interview di Pertamina lagi. Gue ga ada persiapan sama sekali bahkan terkesan dadakan saat interview ini, jadi gue ga berekspektasi lebih, ditambah kontrak 5 bulan serta penempatan di Balikpapan Kalimantan coyyyy gue seumur-umur gak pernah kesana membuat gue gak berharap banyak untuk lolos. Itulah interview gue terakhir sebelum gue wisuda, setelah itu gue mencoba menikmati masa masa maen sama temen-temen kuliah gue yang bentar lagi bakalan usai. Hingga akhirnya gue dan temen-temen gue maen ke pedalaman Gunung Kidul Yogyakarta buat refreshing. Sekitar pertengahan april di pedalaman gunung kidul itu gue kaget dapat telpon dari nomor kantor balikpapan, dan ternyata gue dinyatain lolos interview dan selanjutnya medical check up. Sumpah rasanya bingung gak karuan, antara senang tapi kan itu jauh di Balikpapan. Sempet konsul keuarga saat itu taapi belum dapat restu ibu kalau harus ke Balikpapan. Cuma setelah dipikir-pikir daripada abis wisuda gue luntang-lantung gak jelas, kebetulan ini Pertamina meski kontrak 5 bulan (posisi gue itu menggantikan pegawai yang lagi cuti melahirkan) cuma salary nya lumayan, jadi buat pengalaman gue coba kasih pengertian ke keluarga untuk gue ambil. Yaps akhirnya diizinkan untuk gue ambil posisi itu. Setelah medical Check Up dinyatakan sehat, setelah H+1 gue wisuda langsung cus ke balikpapan, sedih karena ninggalin semua kenangan kampus dan temen-temen gue. Cuma gue juga harus kejar cita-cita gue. Disisi lain gue ke Balikpapan nyari utangan sana sini, ya jelas lah gue orang gak punya mana mampu beli tiket pesawat dan buat biaya hidup gue disana untuk sebulan awal sebelum gajian. "Lah jar, emang ga dibayarin perusahaan?" pasti kalian mikir gitu. Ya dibayarin sih, tapi reimburse jadi digantiny lama after gue 3 bulan kerja disitu baru diganti tuh uang tiket pesawat. Ya, gue ga bakal ceritain selama gue kerja di Pertamina Balikpapan ya, next story oke. Singkat cerita lagi nih, gue kerja disitu udah satu bulan, eh di telpon sama Pertamina Boyolali kalau ternyata gue lolos disana. HMMM....... Cry, sedih sih karena itu kan deket ya di Boyolali, kontrak juga 2 tahun ya mau gimana lagi udah terlanjur di Balikpapan. Balik lagi, bukan rezeki. Akhirnya gue bilanglah kalau gue udah kerja, yaaaahhhh byee Boyolali.
Gak kerasa gengs, gue udah tuntasin tugas gue yang kata Bos gue sih baik hahaha gue ga yakin padahal. 5 bulan usai, dan gue ga diperpanjang, meski awalnya sempet ditawarin wkwkwk yaudahlah bukan rezeki. Akhirnya gue balik lagi ke Jawa, menikmati masa pengangguran gue sambil interview-interview lagi dan hingga saat ini tulisan gue diterbitkan gue masing nganggur 2 minggu after gue kerja di Balikpapan. Yap, nyari kerja susah banget gengs, susaaaah banget gue akuin. Terlebih pengalaman 5 bulan gue tuh belum cukup buat ngeyakinin perusahaan, mereka masih mikir gue fresh graduate, gue bener-bener andelin Allah disetiap usaha gue. Gue minta doanya semoga gue lekas diberikan pekerjaan yang sesuai dan yang terbaik aamiin. Gue pun berdoa untuk kalian semua semoga sukses dijalan yang kalian tempuh ya.... sorry nih tulisan gue kurang lengkap, soalnya lagi masa-masa sulit untuk sharing panjang hehe coba kita saling sharing di kolom komentar tentang usaha kalian para freshgraduate buat cari kerja hehe bisa juga saling kasih info loker atau saling kasih motivasi. Sukses yak kawaaaannnn

Wassalammualaikum wr.wb

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bukan freshgrad sih, but keep your spirit..btw kontennya ngeinspirasi bgt

    BalasHapus
  3. Kak maaf saya mau tanya, daftar kerja di pertamina gitu pake TOEFL / IELTS nggak kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa TEKNIK LINGKUNGAN UNDIP? Kuliahnya dan Prospeknya Gimana?

Perjalanan Lolos Bidikmisi dan SNMPTN UNDIP !