Perjalanan Lolos Bidikmisi dan SNMPTN UNDIP !

Assalammualaikum :)
Kali ini gue pengen share pengalaman gue lolos Bidikmisi dan SNMPTN UNDIP 2015. Postingan kali ini sama sekali bukan nyombongin gue, yaelah apa yang perlu disombongin toh gue masuk di UNDIP bukan di Harvard University ye gak? hehe. Jadi postingan ini pure gue share sebagai motivasi kalian para pejuang PTN dan juga anak yang kurang mampu kaya gue yang mungkin pengen banget ngerasain yang namanya kuliah.

Oke lanjut ya...

Awalnya gue sama sekali gak kepikiran bisa kuliah, karena apa? karena gue berasal dari keluarga gak berada. Sejak TK gue hidup di Tangerang ngontrak rumah sampe gue lulus SMA. Hidup susah tuh udah makanan gue dari kecil, cuma gue gak pernah ambil pusing, gue jalanin hidup gue ya seseneng mungkin karena gue tau Allah selalu bantu gue. Saat lulus SMP almarhum ayah gue (ayah gue udah meninggal sejak Juli 2014) selalu nyuruh gue masuk SMA, tapi gue selalu pengen SMK karena apa? karena gue tau keluarga gue gak mampu biayain gue SMA yang mahal dan nantinya output dari SMA itu bakal kuliah, duit darimana buat kuliah. Jadi gue pengen ke SMK biar lulus gue bisa langsung kerja dan bantu ekonomi keluarga. Tapi bapak gue kekeh pengen gue masuk SMA sampe dia bilang "Bapak pengen kamu di SMA, masalah ada gak ada duit ga usah dipikir, bapak yang nyari. Kuliah atau gak kuliah yang penting kamu lulus SMA dulu insyaallah ada jalan" akhirnya gue nurutin apa kata almarhum buat masuk SMA meskipun saat itu gue nangis karena bapak gue keliling tetangga gue buat nyari pinjeman duit biar gue bisa Bayar uang administrasi di SMA. Ya gue tau bapak gue ngelakuin itu karen pengen anaknya ada yang berhasil, terlebih alhamdulillah nilai gue juga gak mengecewakan nilai UN gue di SMP tertinggi ke 2 di SMP gue dengan jumlah 37,25 dari 4 pelajaran, jadi bapak gue ngerasa sayang kalo gue harus di sekolahin di SMK, besar keinginan almarhum buat gue bisa kuliah. Karena kedua kakak gue cuma tamatan SMK. Akhirnya dengan segala perjuagan almarhum, gue jadi bisa masuk SMA negeri yang dekat dari rumah kebetulan itu SMA favorit di Kabupaten Tangerang yaitu SMAN 3 Kabupaten Tangerang.

Selama di SMA ya gue belajar semaksimal mungkin biar nilai rapor gue bagus karena itu sebagai kunci gue buat masuk Perguruan Tinggi Negeri. Singkat cerita, saat gue kelas 3 SMA gue bingung juga mau kuliah gimana, karena bapak gue meninggal karena sakit saat gue kelas 2 SMA. Cari-cari info dari kakak kelas, guru dan juga internet gue nemu tuh yang namanya Beasiswa Bidikmisi dimana beasiswa buat anak yang kurang mampu untuk kuliah gratis sampai lulus bahkan mendapat uang saku tiap bulannya. Akhirnya gue gencar banget nyari info, saat mulai pengumpulan berkas gue cari semua berkas yang dibutuhkan dari mulai Surat Keterangan Tidak Mampu, slip penghaslan keluarga, slip rekening listrik dll. Dan semua berkas itu nantinya dikirim bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN. Pokoknya buat kalian yang ingin tahu detailnya cari aja ya syarat bidikmisi dan berkas apa aja yang diperlukan, jangan sungkan tanya guru, jangan malu juga buat minta surat keterangan tidak mampu tujuan kalian kan ingin kuliah.

Oke berkas kelar saatnya menentukan pilihan di SNMPTN...

Nah untuk SNMPTN gue emang udah prepare dari kelas 11, karena gue bener-bener pengen bisa kuliah jadi semua info gue cari gimana caranya gue lolos SNMPTN dan jurusan apa yang mau gue pilih. Sampe temen gue bingung kok gue bisa dapet info sejauh itu padahal dikeluarga gue ga ada yang kuliah. Saat itu gue analisis rapot gue sendiri, alhamdulillah meskipun nilai Eksak kaya Kimia, Fisika, Biologi gue pas-pasan (maklum gue begitu bodoh kalo hitung-hitungan atau logika) tapi gue kebantu sama nilai pelajaran lain. Nah, yang gue dapet info dari internet kalau mau lolos SNMPTN tuh nilai harus stabil dari semester 1-5 harus naik terus atau minimal sama jadi gak boleh turun. Kita juga harus dari sekolah yang kredibel, prestasi bagus dan akreditasi bagus. Kalau bisa lampirin Sertifikat prestasi terbaik (kan maksimal 3 sertifikat yang di upload ya jadi maksimalin aja). Udah gitu, kita harus tau Univ yang dituju apakah rekam jejak sekolah kita disitu bagus ga? di blacklist ga? dll. Biasanya kalau kakak kelas kita di Univ yang kita tuju baik dan berprestasi akan lebih mudah. Terus jurusan yang kita mau tuh gimana, apakah persaingannya banyak dan jangan sampe kita saingan sama nilai yang lebih tinggi disekolah kita sendiri ditakutkan yang diloloskan hanya 1.
Dari semua analisis itu gue bisa narik kesimpulan :
1. Nilai gue alhamdulillah banget naik terus, ada yang sama tapi gak pernah turun (aman)
 Oh ya nilai gak cuma naik ya tapi kalau bisa emang bagus, sesuaikanlah misal mau ambil Teknik di UGM ya nilai kita harus bersaing, maaf ya misal kalau nilai kita rata ratanya cuma 72 pengen kedokteran UI kan susah juga. Jadi kalian harus bisa mengira-ngira sendiri apakah nilai sekian bisa bersaing okay :) tapi jangan terlalu pesimis juga. Doa terus ikhtiar terus, Tuhan gak tidur kok. FYI aja, waktu itu nilai gue rata-rata semua pelajaran dari semester 1-5 yaitu 87 koma sekian.

2. SMA gue alhamdulillah SMA yang kredibel, Akreditasi A dan punya prestasi di Nasional tiap taun (aman)

3. Saat itu gue lampirin 3 prestasi gue di SMA, yaitu sertifikat Juara 1 Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar se-Provinsi Banten, Juara 3 Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar se-Nasional 2013 dan Sertifikat Ketua OSIS SMAN 3 Kabupaten Tangerang

4. Nah pilihan gue jatuh ke UNDIP atau Universitas Diponegoro Semarang untuk SNMPTN. Karena di Semarang gue ada saudara disitu selain itu gue berasal dari jawa jadi pengen aja kuliah di jawa dan UNDIP kan juga masuk dalam TOP 5 Universitas di Indonesia. Nah, gue cari info sebanyak banyaknya yang masuk undip dari SMA gue siapa, ada tuh 2 taun lalu 1 orang anak Fakultas Ekonomi namanya Mba Anis. Gue tanya tanya detail dia lolos UNDIP SNMPTN nilainya berapa aja, terus gue nanya yg agak pribadi kaya IP dia bagus ga di UNDIP. Setelah dapet info yang cukup ternyata dapat disimpulkan Rekam Jejak Alumni gue di UNDIP lumayan bagus meskipun cuma 1 orang dan itupun 2 taun yang lalu. Oke jadi gue pilih Cuma UNDIP aja untuk pilihan Universitas gue, kenapa? setau gue gini, ketika lu daftar cuma 1 Univ maka kesempatan lu lebih terbuka lebar disitu, tapi jangan dijadikan patokan ya ini bisa banget salah. Yang jelas emang gue cuma mau di UNDIP aja.

5. Untuk soal Jurusan, gue pilih Teknik Lingkungan UNDIP sebagai pilihan 1 dan Teknologi Pangan sebagai pilihan 2. semuanya di UNDIP. Kenapa gue pilih Teknik Lingkungan bakal gue bahas di cerita gue yang selanjutnya ya. Kalau kenapa gue milih Teknologi Pangan karena gue tertarik aja, dan pengen rasanya kerja di Industri makanan enak kayaknya. Apalagi ada statement yang pernah gue baca "Selagi manusia masih butuh makan, maka Teknologi Pangan gak akan nganggur" wow kan keren juga tuh. Nah kebetulan yang daftar UNDIP di SMA gue dengan jurusan Teknik Lingkungan dan Teknologi Pangan cuma gue hehe jadi aman dari temen makan temen ya hehe

6. Gue bener bener nyari tau info orang yang lolos SNMPTN UNDIP terutama Teknik Lingkungan itu nilainya berapa aja, dan gue nemuin waktu itu list beberapa doang sih kaya cuma 70 orang gitu daftar yang lolos SNMPTN UNDIP disitu lengkap ada nilainya dari semester 1-5, jurusan yang dia pilih apa aja, dia lolos dijurusan yang mana, prestasi dia apa, asal skolah dari mana, akreditas skolahnya apa lengkap deh. Jadinya disitu gue ngira ngira, kebetulan ada tuh anak Teknik Lingkungan di daftar itu jadi nilai dia bisa gue jadiin patokan apakah gue lulus dengan nilai sekian. Secara gue ga mau nyia-nyiain kesempatan SNMPTN gue soalnya ini jalan gue buat kuliah di negeri dan insyaallah gratis, kalau jalur test SBMPTN gue gak yakin soalnya gue ga secerdas itu buat ngerjain tes SBMPTN apalagi gue lemah inggris -_-. Dengan ikhtiar terus dan doa malam serta doa dari iu gue. Akhirnya gue putuskan FINAL gue daftar SNMPTN dengan pengajuan Beasiswa Bidikmisi dengan Jurusan Teknik Lingkungan dan Teknologi Pangan UNDIP.

Saat itu disekolah gue ada BIMBEL menjelang UN dari lembaga BIMBEL ternama lah, nah kebetulan disitu ada konsultasi pemilihan jurusan dan Universitas untuk SNMPTN Gratis. Nah temen gue pada ikutaan, awalnya gue gak mau karena gue udah punya analisa sendiri. Tapi akhirnya gue dateng kesitu ngikut konsultasi dengan nilai rapor yang gue punya dan pilihan jurusan dan univ yang udah gue pilih.

Sampe situ gue agak terpukul, saat konsultasi dan si guru BIMBEL ini liat nilai gue dan pilihan gue dia bilang " Kamu mau daftar Teknik Lingkungan UNDIP? wassalam aja deh. NRM kamu masih belum menyukupi karena NRM (Nilai Rata rata Minimum, semacam Passing Grade buatan BIMBEL itu sih) Teknik Lingkungan UNDIP Tinggi. kalau mau kamu daftar Teknik Geologi UNSOED aja. pokoknya jangan nyoba UNDIP Teknik Lingkungan kalau takut gagal"

keluar dari ruang konsul, gue merenung terus galau gue. Ya siapa sih yang gak galau ketika lu udah well prepare dan udah analisis sendiri secara mateng-mateng eh pas konsul ke orang dijatohin. Gue bukannya gak mau ke UNSOED tapi di semarang gue ada sodara yang mau bantu gue, seenggaknya gue gak perlu ngekos disitu dan kalo ada apa apa ya gue bisa minta tolong sodara gue.

Akhirnya dengan terus meminta petunjuk gue tetap dengan pilihan gue sampe akhir penutupan pendaftaran SNMPTN, yaitu Teknik Lingkungan UNDIP.

Hri-hari setelah gue daftar SNMPTN gue bener-bener gelisah, takut banget gagal, takut gue gak bisa kuliah. Sambil menunggu pengumuman gue cari info beasiswa lain, ternyata ada Beasiswa dari Universitas Swasta yang pengajuannya hanya lewat sertfikat prestasi. Kebetulan kakak kelas gue yang dulu satu team sama gue waktu Juara Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar tingkat Nasional dapet Beasiswa full studi sampe Lulus di Akuntansi Universitas Mercubuana Jakarta. Dengan modal coba-coba gue sama temen gue yang satu team saat lomba juga mengajukan beasiswa yang sama ke Universitas Mercubuana Jakarta. Gak lama pengumuman dateng, gue ditelpon dari Mercubuana dan dinyatakan Lolos Beasiswa tapi tidak full studi hanya gratis uang pangkal sekitar 27 juta dan juga uang semester 1. Jadi semester 2-8 gue harus biaya sendiri. Sedih sumpah, karena gue gak tau lagi kalo disitu gue bayar pake apa, swasta bonafit sekelas mercubuana bayaranya ga munkin ratusan persemester kan? akhirnya gue mutusin gak nerima beasiswa itu.

singkat cerita, pengumuman SNMPTN pun tiba, saat itu gue lagi ngelatih PASKIBRA di SMA untuk persiapan lomba. jadi saat dilapangan denger kabar bahwa udah pengumuman gue deg-degan banget, akhirnya sesama anak paskibra temen temen gue kita buka pengumuman bareng kebetulan punya gue dibuka terakhir jadi saat temen teemn gue buka mereka pada gak lulus, yah lemes gue. Pas terakhir kita buka punya gue saat baru liat warna hijau (saat dulu hijau berarti diterima) gue langsung sujud syukur nangis parah padahal gue ga tau gue lolos dijurusan apa. Pas gue baca "Selamat anda diterima di Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro" ya Allah gue langsung lari ke kontrakan (tempat tinggal gue) gue teriak teriak ke ibu gue dan gue peluk dia sambil nangis. Akhirnya gue dan ibu gue nangis bareng liat gue lulus. Sungguh ridho dan kuasa Allah yang sangat luar biasa.

Gak lama pokoknya gue urusin semua data-data buat daftar ulang. Jadi kalau bidikmisi belum langsung diumumin, jadi status gue masih mahasiswa yang dalam pengajuan bidikmisi. Nah gak lama ada tim surveyor Bidikmisi datem ke tempat tinggal gue, dia kakak tingkat jurusan kesehatan masyarakat, dia liat rumah gue nanya-nanya, foto, ya pokokny detail deh buat nanti dicek apakah gue layak nerima bidikmisi. Saat udah mulai kuliah awal-awal sekitar 2-3 minggu mungkin baru diumumin siapa aja yang lolos Bidikmisi, pengumumannya di tempel di ruang Bidang Kesma UNDIP di Rektorat. Gue kesono sambil lari, dan lagi-lagi Allah begitu sayang gue. Gue lolos Bidikmisi alhamdulillah....

Sekarang gue udah semester 5, Mahasiswa Bidikmisi Teknik Lingkungan UNDIP. Tanggung jawab gue adalah belajar untuk dapetin IP tiap semester diatas 2,75 (untuk Fakultas Teknik, untuk non-Teknik diatas 3,00) agar beasiswanya gak dicabut. Lulus juga harus tepat waktu. untuk Teknik maksimal 5 tahun dan non-Teknik 4 tahun. Betapa susahnya kuliah di Teknik ya sampe syaratnya aja beda dari yang lain karena nilai A di Teknik udah luar biasa banget hehehe. Oh ya peraturan ini kayaknya ga sama tiap Universitas. Jadi ini hanya peraturan di UNDIP aja.


Mungkin itu cerita atau perjalanan gue lolos BIDIKMISI dan SNMPTN UNDIP

Buat kalian yang memiliki cita-cita, kejarlah terus Allah gak tidur, maksimalkan usaha dan doa. Sesuatu yang mustahil insyaallah bisa menjadi kenyataan.TRUE STORY, jangan anggep hal kaya gitu cuma di TV, Gue buktinya bisa ngalamin sendiri. Jadi semangat terus, semoga kalian lancar kuliahnya buat yang kuliah, buat adek-adek pejuang SNMPTN SBMPTN dan UM semoga lolos di PTN dan di jurusan yang kalian inginkan. Aaamiin.

Sekian dari gue, sampe jumpa di story gue yang lain

Wassalammualaikum wr.wb

Komentar

  1. MasyaAllah menginspirasi sekali kaka fajar semangat kuliahnya di UNDIP aku juga ga mau kalah sama kaka ^`^

    BalasHapus
  2. Sama banget ceritanya tapi aku madih sma kelas x

    BalasHapus
  3. Sama banget ceritanya tapi aku madih sma kelas x

    BalasHapus
  4. Kak waktu peose pendaftaran ulang juga diminta bayar UKT pertama nggak sih?

    BalasHapus
  5. Hai fajar, kita seangkatan ternyata, cuma aku di UNNES, hehe, namaku Malika. Fajar, aku mau tanya, dari temen2mu yg seprodi sama kamu adakah yg nilainya naik turun tapi ketrima SNMPTN? Adikku tahun ini menghadapi dilema masuk kampus nih, dan aku bingung cari solusi karna yg dia tuju UNDIP prodinya sama kaya kamu, karna nilainya adikku naik turun, tapi naiknya dan turunnya tuh intervalnya sama, kalo nggak 1 angka ya 2 angka gitu, barangkali kamu ada info2 gitu boleh dong kasih tau aku, biar ayem nih hehehe, terimakasih Fajar😊

    BalasHapus
  6. Sangat menginspirasi kak, kebetulan tahun ini aku jg pengen masuk undip teknik lingkungan, boleh minta kontak line/wa ga kak buat tanya2 ?

    BalasHapus
  7. Hallo kak, saya peserta SNMPTN dari banten juga cuma beda kabupaten aja hehe. Saya mau nanya buat jalur yang yg kakak ajuin dan dengan jurusan dan prodi yang sama juga, kalo nilai rata saya 85 dan ditunjang dengan sertifikat tingkat provinsi dan nasional juga (2 sertifikat lomba cerdas cermat 4 pilar juga dan pertukaran pelajar berprestasi) apakah saya bisa masuk Undip dengan jurusan yg sama Kya KK jg?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fresh Graduate Susah Cari Kerja?

Kenapa TEKNIK LINGKUNGAN UNDIP? Kuliahnya dan Prospeknya Gimana?